Regulasi

  • UU No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik
  • PP No 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang - Undang Keterbukaan Informasi Publik
  • Perkip No 1 Tahun 2010 Tentang Standar Layanan Informasi Publik
  • Perkip No 1 Tahun 2013 Tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik
  • Perma No 2 Tahun 2011 Tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Informasi Publik di Pengadilan
  • KMA No 085 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Kelompok Kerja Penyusunan Peraturan Mahkamah Agung tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Atas Putusan Komisi Informasi Pada Pengadilan Tata Usaha Negara Dan / Atau Pengadilan Negeri
  • KMK 278/KMK.01/2012 Tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan Koordinator PPID di Lingkungan Kementerian Keuangan
  • PMK 132/PMK.01/2012 Tentang Pedoman Layanan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Keuangan

Frequently Asked Question(FAQ)

  • Siapa yang dapat mengajukan permohonan informasi publik?
  • Setiap warga negara dan/atau badan hukum Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
  • Apakah persyaratan pengajuan permohonan informasi dan pengajuan keberatan atas tanggapan PPID?
  • Melampirkan Kartu Tanda Penduduk untuk pemohon dari individu atau Akta Pendirian Badan Hukum untuk pemohon dari badan hukum.
  • Bagaimana cara mengajukan permohonan informasi?
    1. Melakukan registrasi pemohon terlebih dahulu pada aplikasi PPID Kementerian Keuangan melalui menu Permohonan Informasi, sub-menu Registrasi Pemohon;
    2. Melengkapi kolom yang telah disediakan dan melampirkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan;
    3. Apabila data pemohon sudah lengkap, pemohon akan menerima email konfirmasi dari PPID, bahwa pemohon sudah terdaftar dan telah bisa mengajukan permohonan informasi.
  • Bagaimana mekanisme pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik?
  • Tanggapan atas permohonan informasi publik akan disampaikan melalui e-mail pemohon informasi yang dipergunakan saat registrasi
  • Berapa lama pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik?
  • Tanggapan dari PPID akan disampaikan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi dan dapat diperpanjang 7 (tujuh) hari kerja berikutnya
  • Bagaimana cara pengajuan keberatan atas tanggapan PPID?
    1. Melakukan registrasi pada aplikasi layanan PPID Kementerian Keuangan melalui menu Layanan Informasi dan sub-menu Pengajuan Keberatan;
    2. Melengkapi kolom yang telah disediakan;
    3. Melampirkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan.
  • Berapa biaya untuk memperoleh informasi?
  • Layanan informasi ini tidak dipungut biaya / gratis (dokumen akan diberikan dalam format softcopy)
    Waktu layanan informasi: Setiap hari kerja, pukul 08.00 – 16.00

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Sekretaris Badan Kebijakan Fiskal
Gedung R.M. Notohamiprodjo Lantai 3
Jl. Dr. Wahidin Raya No. 1
Jakarta Pusat 10710

Telp (021) 381 2203
Fax (021) 381 2763

ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


KONTAK: Jl. Dr. Wahidin No. 1 Gd. R. M. Notohamiprodjo, Jakarta Pusat 10710
email: ikp@fiskal.depkeu.go.id

  Kurs Pajak : KMK Nomor 46/KM.10/2017,   USD : 13,538.00    AUD : 10,270.01    GBP : 17,854.48    SGD : 9,975.68    JPY : 12,011.46    EUR : 15,945.16    CNY : 2,040.14