Hadapi Ketidakpastian Global, Pemerintah Perkuat Strategi Fiskal


Jakarta, (24/1) – Mengawali tahun 2019, Kepala Badan Kebjiakan Fiskal, Suahasil Nazara berbagi perspektifnya mengenai strategi fiskal untuk menyeimbangkan stimulus jangka pedek maupun panjang di tengah ketidakpastian global. Bertempat di hotel di bilangan Jakarta, Suahasil menjadi salah satu narasumber mewakili Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada acara Global Research Briefing: 2019 Global Outlook – Fighting the Current yang diselenggarakan oleh Bank Standard Chartered.

 “Untuk memperkuat bauran kebijakan, diperlukan tiga komponen yang solid: fiskal, moneter, dan sektor riil. Ketiganya harus saling bersinergi untuk menjaga stabilitas dan meningkatkan daya saing demi pembangunan yang berkelanjutan”, ujar Suahasil saat membuka sesinya.

Dari sisi fiskal, Kementerian Keuangan akan berupaya: (i) menjaga APBN yang sehat dengan lebih hati-hati; (ii) meningkatkan tarif Pajak Penghasilan (PPh) untuk 1.147 komoditas impor (barang konsumsi); serta (iii) memperkuat skema insentif pajak, termasuk di dalamnya tax holiday.

Capaian APBN 2018 sendiri tergolong baik dengan manajemen fiskal yang dijalankan secara hati-hati dan disertai stabilitas. Defisit anggaran berhasil menyempit akibat realisasi pendapatan yang melampaui target serta peningkatan kualitas belanja. Selain itu, keseimbangan primer mendekati nol, dan secara konsisten menurun sejak 2015.

“Sedangkan untuk tahun 2019, APBN dirancang agar sehat, adil, dan mandiri. Pendapatan negara terus dioptimalkan dengan mempertahankan iklim bisnis dan investasi yang baik. Pengeluaran menjadi lebih produktif yang diarahkan untuk pengembangan SDM, infrastruktur, perlindungan sosial, dan mitigasi risiko bencana”, lanjut Suahasil.

“Pembiayaan utang akan dikurangi dan lebih mengandalkan pendapatan negara. Pemerintah juga akan mengelola utang secara profesional dan bertanggung jawab untuk menciptakan manajemen fiskal yang bijaksana dan berkelanjutan”, imbuhnya.

Dalam acara ini turut hadir sebagai narasumber Kepala Badan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro yang berbicara mengenai pembangunan Indonesia ke depan, khususnya di tahun 2019 serta bagaimana menghadapi tantangan global. (fms)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 9/MK.10/2019,   USD : 14,086.00    AUD : 10,025.29    GBP : 18,127.56    SGD : 10,379.03    JPY : 12,737.14    EUR : 15,915.77    CNY : 2,079.29