Sosialisasi Kebijakan Fiskal kepada Mahasiswa IAIN Metro Lampung


Jakarta, (27/03): Dalam rangka sosialisasi informasi seputar kebijakan fiskal kepada civitas akademika yakni mahasiswa, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) kembali menerima kunjungan mahasiswa yang kali ini berasal dari IAIN Metro Lampung. Seminar yang diselenggarakan di Aula RM. Notohamiprodjo ini, dihadiri oleh 97 mahasiswa yang didampingi Dekan dan beberapa dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Metro.

Seminar edukatif yang dipandu oleh Afif Hanifah, Peneliti pada Pusat Kebijakan Sektor Keuangan ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Millennia Aulia Susanti, Kepala Subbidang Strategi Keuangan Inklusif, Pusat Kebijakan Sektor Keuangan, dan Aep Sholeh, Kepala Subbidang Subsidi BBM, Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Sesi pertama diskusi yang dibawakan oleh Millennia Aulia Susanti berfokus pada materi “Universal Financial Access di 2020 melalui Percepatan Keuangan Inklusif”. Millenia memaparkan bahwa tingkat keuangan inklusif di Indonesia meningkat dari sebelumnya 19,6 % pada tahun 2011 menjadi 36,1 % pada tahun 2014 dan ditargetkan akan mencapai 75% pada tahun 2019. Millenia menambahkan bahwa percepatan keuangan inklusif bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor ekonomi domestik untuk meningkatkan akses masyarakat dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap layanan jasa keuangan formal dalam kerangka pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan.

Selanjutnya pada sesi kedua, diskusi dibawakan oleh Aep Sholeh yang menjelaskan materi seputar “Kebijakan Subsidi” baik subsidi energi maupun subsidi non-energi. Aep menyampaikan bahwa pada kebijakan subsidi listrik tahun 2017 dan 2018, pemerintah bertekad memberikan subsidi listrik yang lebih tepat sasaran kepada rumah tangga miskin dan rentan untuk pelanggan 900 VA. Kebijakan subsidi dibidang energi antara lain kebijakan subsidi pangan yaitu dalam bentuk program beras keluarga sejahtera (rasta) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), kebijakan subsidi pupuk untuk petani, kebijakan subsidi kredit program untuk masyarakat miskin, kebijakan PSO (Public Service Obligation) dan Kebijakan subsidi pajak. Kemudian Kebijakan subsidi dibidang non energi pada tahun 2018 memiliki komitmen memberikan subsidi tepat sasaran menuju penyaluran subsidi menggunakan layanan sektor keuangan (non tunai).

Setelah materi kebijakan fiskal dipaparkan, dibuka sesi diskusi dan tanya jawab yang mendapatkan respon positif dari mahasiswa. (mpa/atn/atw)

  Kurs Pajak : KMK Nomor 29/KM.10/2018,   USD : 14,366.00    AUD : 10,672.70    GBP : 19,034.00    SGD : 10,563.96    JPY : 12,978.61    EUR : 16,837.52    CNY : 2,163.77